Abstrak
ANALISIS SEMIOTIK IKLAN KORPORAT TELKOMSEL VERSI “PALING INDONESIA” DI TELEVISI
Eka Akbar Malik
Unpad
Indonesia
Denotatif, Iklan, Konotatif, mitos, semiotik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna iklan korporat Telkomsel versi “paling Indonesia” yang ditayangkan di televisi dengan mengungkapkan makna denotatif, konotatif, dan mitos. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis semiotik dari Roland Barthes dengan menganalisis penanda dan petanda yang muncul dalam iklan dan mencari maknanya melalui signifikasi dua tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap scene memiliki makna denotatif, konotatif, dan mitos pada beberapa tema besar yaitu tema pembangunan, tema nasionalisme, tema ekonomi, dan tema bisnis perusahaan.
The present study is intended to investigate the meaning of “Paling Indonesia” version of Telkomsel corporate advertisement broadcasted on television by revealing denotation, connotation and also myths in the advertisement. This study uses semiotic analysis approach proposed by Roland Barthes by analysing markers and symbol that appear in the advertisement and explore their meaning through two step significance test. Results of the present study revealed that every scene of the advertisement has all denotation, connotation and myths that can be grouped to some major themes, which are development, nationalism, economy and company business.