Abstrak RSS

Konstruksi Identitas Diri Bagi Relawan Taman Bacaan Masyarakat Dalam Menyelenggarakan Kegiatan Pendidikan Non Formal Di Taman Bacaan Masyarakat Di Jakarta

Konstruksi Identitas Diri Bagi Relawan Taman Bacaan Masyarakat Dalam Menyelenggarakan Kegiatan Pendidikan Non Formal Di Taman Bacaan Masyarakat Di Jakarta
Feri Ferdinan Alamsyah
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Feri Ferdinan Alamsyah, 210120090021, 2013. Konstruksi Identitas Diri bagi Relawan Taman Bacaan Masyarakat dalam Menyelenggarakan Kegiatan Pendidikan non formal di Taman Bacaan Masyarakat di Jakarta. Ketua Komisi Pembimbing Dr. Atwar Bajari, M.Si., dan Anggota Komisi Pembimbing Dr. Hj. Siti Karlinah, M.Si., Program Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksi identitas relawan TBM dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan non formal di TBM, konsep diri relawan TBM dan mengetahui motif relawan TBM menggelar kegiatan pendidikan non formal di TBM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yakni pendekatan yang akan memberikan pandangan lengkap dan mendalam mengenai subyek yang diteliti dengan melakukan penelaahan berbagai data seperti wawancara, pengamatan, penelaahan dokumen dan hasil survey.Penelitian ini melibatkan 13 narasumber yangdilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas Relawan TBM pada individu muncul ketika individu tersebut melihat gejala sosial, yakni minimnya kebiasaan membaca, oleh sebab itu, Relawan TBM menggelar kegiatan pendidikan non formal melalui TBM sebagai solusi untuk menanggulangi persoalan tersebut. Motif relawan TBM adalah relawan TBM sebagai agen perubahan, relawan TBM sebagai individu yang ingin berbagi, dan relawan TBM sebagai pengabdi kepada dunia pendidikan. Kemudian konsep diri yang muncul pada Relawan TBM, adalah seorang Pemilik TBM, Pengasuh, Teman Bermain, Kakak dan Dermawan.

Feri Ferdinan Alamsyah, 210120090021, 2013. Identity Construction for Volunteers Organize TBMs in non-formal education activities in TBMs in Jakarta. Supervising Commission Chairman Dr. Atwar Bajari, M.Si., and Members of the Commission Advisor Dr. Hj. Siti Karlinah, M.Si., Master of Communication Studies, Faculty of Communication Padjadjaran University, Bandung. The purpose of this study was to determine the identity construction of TBM volunteers in organizing non-formal education activities in the TBM, TBM volunteers self-concept and determine the motive TBM volunteers hold non-formal education activities in TBM. This study uses a qualitative phenomenological approach, the approach that will provide a comprehensive and deep understanding of the subject studied by performing a review of a variety of data such as interviews, observations, review of documents and survey results. This study involved 13 speakers who made a purposive sampling technique. The results showed that the identity of the individual Volunteers TBM arises when an individual sees social phenomena, namely the lack of reading habit, therefore, Volunteer TBM holding non-formal education activities through the TBM as a solution to tackle the problem. Motif is a volunteer TBM as agents of change, TBM volunteers as individuals who want to share, and volunteers TBM as servants to the world of education. Then the self-concept appears to Volunteer TBM, is an owner of TBM, Caregiver, Friend Play, Big Brother and Benefactor.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id