Abstrak RSS

Analisis Program Kemitraan Perbankan Di Indonesia Dengan Ukm sebagai Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)

Analisis Program Kemitraan Perbankan Di Indonesia Dengan Ukm sebagai Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)
Mayang Riyantie
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Perbankan masih tercatat sebagai salah satu bisnis penggerak kegiatan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal, serta strategi dari program kemitraan perbankan di Indonesia dengan UKM sebagai implementasi CSR. Melalui metode penelitian descriptive research, informasi melalui data sekunder dihimpun dan dilakukan analisis. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa meskipun beberapa bank telah melakukannya dengan baik, akan tetapi masih banyak bank yang belum melakukannya dengan optimal. Program kemitraan hanya diterjemahkan dengan pemberian kredit untuk usaha kecil, tanpa ada upaya pembinaan yang lebih lanjut, sesuai dengan idealisme dari kepedulian sosial korporasi perbankan. Saran yang diberikan untuk strategi program kemitraan perbankan selanjutnya adalah dengan adanya tim khusus dari bank yang berfungsi sebagai mentor/ pembimbing untuk memantau penggunaan pinjaman tersebut untuk membiayai sektor usaha, sekaligus untuk mewujudkan tujuan kemitraan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perbankan sekaligus menciptakan perekonomian Indonesia yang lebih kokoh.

Download: .pdf