Abstrak
Persepsi Mahasiswa Universitas Padjadjaran Terhadap Proses Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan
Rahman Mulyawan Drs.,M.Si
Unpad, Jurnal CIVICUS Vol. 14 No. 1 Juni 2008
Indonesia
Unpad, Jurnal CIVICUS Vol. 14 No. 1 Juni 2008
Buku Ajar, Demokrasi, Doktrin, Hak dan Kewajiban, kewarganegaraan, negara, pendidikan, Persepsi, Pokok Bahasan, Proses Belajar dan Mengajar, Warganegara
Persepsi atau pandangan mahasiswa di lingkungan Universitas Padjadjaran terhadap Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan sangat beragam. Mata Kuliah ini selain dipamahi dan ditanggapi secara berbeda-beda oleh para mahasiswa, ternyata kegiatan proses belajar dan mengajar mata kuliah inipun turut diamati serta dikritisi oleh mahasiswa kepada para pengajar dari mata kuliah tersebut. Secara garis besar mahasiswa di lingkungan di Universitas Padjadjaran menilai keberadaan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan melalui status, proses belajar dan mengajar serta buku pegangan yang berisi berbagai pokok bahasan dari mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Pada dasarnya mahasiswa memiliki persepsi bahwa mata kuliah ini terlalu dipaksakan untuk diikuti oleh mahasiswa dan berbau doktrin. Selain itu dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa berpendapat bahwa dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan harus konsisten dan mampu dalam menyampaikan misi yang ada dalam buku yang menjadi pegangan mahasiswa. Persepsi yang terakhir adalah mengenai pokok-pokok bahasan dalam mata kuliah yang perlu untuk direvisi sehubungan sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Hal tersebut di atas mengindikasikan persepsi mahasiswa yang bernuansa perubahan terhadap mata kulaih Pendidikan Kewarganegaraan secara komprehensif-integral.