Abstrak
Pengaruh Strategi Kemitraan Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kuantitatif mengenai Pengaruh Pelaksanaan Strategi Kemitraan Dalam Program Peduli Kemitraan Terhadap Citra Perusahaan Perusahaan PTPN VII (persero)
Sendi Triwilopo
Unpad
Indonesia
Unpad
Citra Perusahaan, strategi kemitraan
Penelitian ini menggunakan pendekatan deduksi-kuantitatif yang berpijak pada Theory of Organizational Image Management dari Joseph Eric Massey dengan lebih mendalami interaksi dialogis antara organisasi perusahaan dengan stakeholders-nya. Pada gilirannya, image yang diinginkan pihak organisasi akan terbangun bersama (co-create) dengan para stakeholders dalam aktivitas komunikasi yang interaktif. Hal dimaksud dapat dikaji pada kegiatan CSR di PTPN VII (persero) Lampung. Hubungan dialogis tersebut diteliti dalam bentuknya sebagai pelaksanaan strategi tertentu dalam menjalankan kemitraan bisnis dengan stakeholders. Adapun hasil penelitian adalah pelaksanaan strategi assesment dan pelaksanaan strategi pembinaan mitra binaan, berpengaruh terhadap citra perusahaan. Juga dapat dilaporkan bahwa kredibilitas sumber sebagai pelaksana kemitraan juga berpengaruh terhadap citra perusahaan PTPN VII (Persero). Hasil ini menguatkan teori yang digunakan bahwa konsep komunikasi dialogis sangat potensial dalam rangka me-manage citra perusahaan dan dalam rangka membangun citra perusahaan dalam kebersamaan (co-create) dengan stakeholders.