Abstrak
Pengaruh pemberian ilustrasi musik terhadap kelanjutan ceritera film
Wilis Srisayekti, Caroline Maria D Nugroho
Unpad, Jurnal Psikologi Vol. 16 No. 2 Tahun 2005
Indonesia
Unpad, Jurnal Psikologi Vol. 16 No. 2 Tahun 2005
cognitive psychology, covert experimental design, Emosi, Emotion, film music, indirect approach, musik film, Perception, Persepsi, psikologi kognitif
Penelitian ini ditujukan untuk melihat apakah ilustrasi musik berpengaruh terhadap ekspektasi terhadap kelanjutan ceritera film. Menggunakan indirect approach dan covert design, eksperimen dilangsungkan terhadap 45 subjek penelitian, usia 18-20 tahun. Penggalan dari film asli ditayangkan, bersama-sama dengan moda musik minor atau moda musik mayor. Fokus utama analisis konten terhadap kelanjutan ceritera film berbentuk teks tertulis adalah isi emosi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ekspektasi subjek terhadap kelanjutan ceritera film bergantung pada musik yang menyertainya (isi emosi: 2 = 8.82 = 0.05; tindakan penyelesaian masalah aktor: 2 = 5.59 = 0.05; deskripsi aktor menonjol pada butir waktu / kala hari). Hasil penelitian mengkonfirmasi bahwa musik secara implisit turut menentukan realitas psikologi adegan film. Musik berperan sebagai context determination. Akan ditampilkan pula pengaruh informasi visual dan pengaruh ilustrasi musik pada kelanjutan ceritera film. Beberapa hal berkenaan dengan metode yang digunakan akan dipaparkan dalam diskusi.
The aim of the study was to investigate whether the underscoring film music had any influence on the building expectation about the continuation of the movie scenes. Using indirect approach, covert design was applied to conduct the experiments with 45 participants, 18-20 years old. A piece of movie sequence from an original film was presented with either major or minor music score. The emotional content of the written subjects’ free continuations of the plot was the main focus of the content analysis. The results revealed that the subjects’ anticipations of the further development of the film sequence were dependent on the underlying film music (the emotional content: 2 = 8.82 = 0.05; the problem-solving-related action of the actor: 2 = 5.59 = 0.05; description of the actor about time of the day). These results confirmed that music implicitly co-determined the psychological reality of the scene, music as context determination. The influence of the underscoring on the story and of the visual information will be presented. Some methodological issues will be discussed.