Abstrak
Pengaruh Lingkungan Bisnis Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Strategi Bisnis Dan Keunggulan Bersaing Serta Implikasinya Pada Kinerja Bisnis Operator Telekomunikasi Seluler Di Indonesia
Indra Gunawan
Unpad
Indonesia
Unpad
kinerja bisnis, Lingkungan Bisnis, Reputasi Perusahaan
Kinerja Bisnis yang tidak optimal dari operator telekomunikasi seluler di Indonesia diduga disebabkan karena manajemen belum sepenuhnya mengimplementasikan pemahaman mereka atas lingkungan bisnis dan reputasi perusahaan. Dalam kaitan tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari Lingkungan Bisnis dan Reputasi Perusahaan terhadap Strategi Bisnis dan Keunggulan Bersaing serta implikasinya pada Kinerja Bisnis operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Metode yang digunakan adalah descriptive survey dan explanatory survey dengan unit analisis operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan survey kepada delapan manajemen operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang pengamatannya menggunakan cakupan waktu (time horizon) bersifat cross section/one shoot, artinya informasi atau data yang diperoleh adalah hasil penelitian yang dilakukan pada satu waktu tertentu yaitu pada tahun 2010. Hasil survey tersebut kemudian dianalisa baik secara deskriptif maupun dengan menggunakan alat uji model persamaan struktural (Structural Equation Model – SEM) berbasis varian atau komponen, yaitu PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan alat bantu software SmartPLS versi 2.0. Dari penelitian ini ditemukan bahwa manajemen operator telekomunikasi seluler di Indonesia telah mengimplementasikan pemahaman mereka tentang Lingkungan Bisnis, Reputasi Perusahaan, Strategi Bisnis, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Bisnis dalam pembuatan kebijakan perusahaan. Ditemukan pula bahwa ada pengaruh yang positif dari Lingkungan Bisnis terhadap Strategi Bisnis, Lingkungan Bisnis terhadap Keunggulan Bersaing, Reputasi Perusahaan terhadap Strategi Bisnis, Reputasi Perusahaan terhadap Keunggulan Bersaing, Strategi Bisnis terhadap Kinerja Bisnis, serta Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Bisnis.
Kinerja Bisnis yang tidak optimal dari operator telekomunikasi seluler di Indonesia diduga disebabkan karena manajemen belum sepenuhnya mengimplementasikan pemahaman mereka atas lingkungan bisnis dan reputasi perusahaan. Dalam kaitan tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari Lingkungan Bisnis dan Reputasi Perusahaan terhadap Strategi Bisnis dan Keunggulan Bersaing serta implikasinya pada Kinerja Bisnis operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Metode yang digunakan adalah descriptive survey dan explanatory survey dengan unit analisis operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan survey kepada delapan manajemen operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang pengamatannya menggunakan cakupan waktu (time horizon) bersifat cross section/one shoot, artinya informasi atau data yang diperoleh adalah hasil penelitian yang dilakukan pada satu waktu tertentu yaitu pada tahun 2010. Hasil survey tersebut kemudian dianalisa baik secara deskriptif maupun dengan menggunakan alat uji model persamaan struktural (Structural Equation Model – SEM) berbasis varian atau komponen, yaitu PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan alat bantu software SmartPLS versi 2.0. Dari penelitian ini ditemukan bahwa manajemen operator telekomunikasi seluler di Indonesia telah mengimplementasikan pemahaman mereka tentang Lingkungan Bisnis, Reputasi Perusahaan, Strategi Bisnis, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Bisnis dalam pembuatan kebijakan perusahaan. Ditemukan pula bahwa ada pengaruh yang positif dari Lingkungan Bisnis terhadap Strategi Bisnis, Lingkungan Bisnis terhadap Keunggulan Bersaing, Reputasi Perusahaan terhadap Strategi Bisnis, Reputasi Perusahaan terhadap Keunggulan Bersaing, Strategi Bisnis terhadap Kinerja Bisnis, serta Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Bisnis.
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id