Abstrak RSS

Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Faktor Predisposisi Terhadap Citra Puskesmas X Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2013 The Influence Of Marketing Mix And Predisposing Factors To Puskesmas X’s Image At Serdang Bedagai District 2013

Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Faktor Predisposisi Terhadap Citra Puskesmas X Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2013 The Influence Of Marketing Mix And Predisposing Factors To Puskesmas X’s Image At Serdang Bedagai District 2013
Marlen Sipayung, Elsa Pudji Setiawati, Kuswandewi Mutyara
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Puskesmas X merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai yang bertanggungjawab dalam pembangunan kesehatan melalui penyelenggaraan upaya kesehatan strata pertama. Jumlah kunjungan di Puskesmas X rendah, hal ini disebabkan citra puskesmas bagi masyarakat kurang baik dibandingkan dengan pelayanan kesehatan swasta. Bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence yang ada di Puskesmas X menjadi pertimbangan masyarakat memanfaatkan puskesmas. Selain itu, faktor predisposisi setiap individu yang terdiri dari umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan memengaruhi individu tersebut dalam mengambil keputusan dalam memanfaatkan suatu pelayanan kesehatan. Citra diukur berdasarkan seberapa kuat puskesmas dikenal oleh masyarakat (recogniton), kesan masyarakat terhadap puskesmas (reputation), kepercayaan/keyakinan terhadap pelayanan puskesmas (affinity), dan kesetiaan dalam memanfaatkan pelayanan puskesmas (brand loyality). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan faktor predisposisi terhadap citra Puskesmas X. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah masyarakat yang memanfaatkan pelayanan kesehatan puskesmas selama 6 bulan terakhir berjumlah 200 orang. Pada penelitian ini variabelvariabel yang akan diteliti tidak terukur langsung sehingga rancangan analisis data yang digunakan adalah structural equation model (SEM). Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas X Kabupaten Serdang Bedagai pada bulan Oktober 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara faktor predisposisi terhadap citra Puskesmas X dengan nilai t-statistik 0,134<1,96 dan pvalue= 0,893. Terdapat pengaruh signifikan antara bauran pemasaran terhadap citra Puskesmas X dengan nilai t-statistik 6,116>1,96 dan p-value=0,000. Elemen bauran pemasaran yang berpengaruh paling besar terhadap citra Puskesmas X adalah sumber daya manusia (people). Kepala puskesmas harus memperhatikan kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan pemanfaatan puskesmas. Dinas Kesehatan harus mampu membuat kebijakan tentang pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia puskesmas.

Puskesmas X is a technical implementation unit of Serdang Bedadgai District Health Office which has responsibility for health development through provides the first stratum of health efforts. The number of visits at Puskesmas X is low, this is due to the less well of puskesmas’s image for community than private health care. Marketing mix consists of product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence available at the Puskesmas X into consideration utilizing health center by community. In addition, predisposing factors consisting of age, gender, education, employment, and income affect the individual in taking a decision to use of health services. The image is measured by how strongly recognized health center to community (recognition), the highest public confidence to health center (reputation), emotional relationship to the health center (affinity), and fidelity to utilize the health center (brand loyality). This study aims to determine the influence of marketing mix and predisposing factors to Puskesmas X’s image. The method of research is quantitative research with cross sectional design. Samples were community who utilize health service during the last 6 months amounted to 200 people. In this study, the variables to be studied are not directly measured, so the design analysis of data used structural equation modeling (SEM). The research was conducted at the Puskesmas X Serdang Bedagai District in October 2013. The results of quantitative research show that there are no significant influence of predisposing factors to the Puskesmas X’s image with a t-statistic value of 0.134 < 1,96 and p-value=0,893 . There is a significant influence of the marketing mix to Puskesmas X’s image with the value of t-statistic 6.116 >1,96 and p-value=0,000. The mix marketing elements that have most affect to Puskesmas X’s image is a human resources (people). The head of health center must pay attention to the quality of human resources to improve health care utilization.Health District Office should be able to make policy about the promotion and development of human resources health centers.

Download: .pdf