Abstrak RSS

PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO DALAM PENGADAAN UNDIAN BERHADIAH OLEH BANK SYARIAH DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 21 TAHUN 2008 TENTANG PERBANKAN SYARIAH

PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO DALAM PENGADAAN UNDIAN BERHADIAH OLEH BANK SYARIAH DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 21 TAHUN 2008 TENTANG PERBANKAN SYARIAH
FIRMAN RAHMADI
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

ABSTRAK

PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO DALAM PENYELENGGARAAN UNDIAN BERHADIAH OLEH
BANK SYARIAH DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 21 TAHUN 2008 TENTANG
PERBANKAN SYARIAH

FIRMAN RAHMADI
110110090346

Undian merupakan sebuah kegiatan yang mendapat perhatian serius dalam prinsip syariah. Dalam pelaksanaanya, dibutuhkan pertimbangan dan tinjauan yang cukup besar dari sisi hukum dan syariah. Berlangsungnya kegiatan undian berhadiah yang dilakukan bank syariah membuat timbulnya keraguan dan persepsi yang bersifat mudharat pada masyarakat terhadap bank syariah. Hal ini juga mempengaruhi kinerja pihak bank yang secara langsung ada dibalik manajemen risiko pada program undian.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis, melalui analisis, dengan menggunakan data dan teori-teori yang berkaitan dengan pelaksanaan perbankan. Pendekatan yang dilakukan adalah yuridis normatif dengan tahap penelitian melalui penelitian kepustakaan. Analisis data yang dilakukan dengan metode yuridis kualitatif yaitu data yang telah diperoleh dianalisis , untuk mengungkapkan kenyataan yang ada sesuai hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan undian berhadiah merupakan kegiatan yang tidak mencerminkan prinsip syariah dan sistemnya syubhat , maka sebaiknya tidak dilakukan karena tidak sesuai dengan amanat syariah perbankan. Legalitas yang telah didapat dari departemen sosial belum dapat menjamin keabsahan program secara syariah, begitu juga dengan kinerja satuan kerja bank terkait, pengelolaan manajemen risiko dalam program ini masih memerlukan banyak perbaikan karena belum memaksimalkan penanggulangan atas beberapa risiko seperti reputasi, hukum, operasional, strategis syariah, serta kepatuhan syariah.
Kata Kunci : Perbankan, Prinsip Syariah, Undian, Manajemen Risiko

Download: File Cover , File Abstrak ,