Abstrak RSS

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Peer Edukasi Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa-siswi SD Di Kelurahan Gunung Puyuh Kota Sukabumi

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Peer Edukasi Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa-siswi SD Di Kelurahan Gunung Puyuh Kota Sukabumi
Hendri Hadiyanto, Ardini S.Raksanagara, Raini Diah Susanti
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Peer edukasi atau pendidikan kelompok sebaya tentang Cuci Tangan Pakai Sabun pada anak SD merupakan upaya preventif untuk meningkatkan dan mempertahankan derajat kesehatan anak SD. Peer edukasi yang selama ini ada di masyarakat lebih banyak ditemukan pada kelompok usia remaja. Perilaku mencuci tangan pakai sabun sebagian besar belum membudaya pada kalangan anak SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan melalui peer edukasi tentang cuci tangan pakai sabun pada anak SD di Kelurahan Gunung Puyuh Kota Sukabumi, Jawa Barat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi experiment design) dengan pendekatan pre test and post test with control group, dengan intervensi pendidikan kesehatan melalui peer edukasi anak SD. Proses penelitian telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2013 selama kurang lebih dua minggu di Kelurahan Gunung Puyuh Kota Sukabumi, Jawa Barat. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling, jumlah sampel 66 terbagi menjadi 33 responden kelompok intervensi dan 33 responden kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan kelompok intervensi yang mendapatkan pendidikan kesehatan melalui peer edukasi mengalami peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan yang bermakna sebelum dan sesudah intervensi dengan nilai p < 0,05. Kelompok kontrol yang tidak mendapatkan pendidikan kesehatan melalui peer edukasi tidak mengalami peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan yang bermakna sebelum dan sesudah dengan nilai p > 0,05. Kelompok intervensi yang mendapatkan pendidikan kesehatan melalui peer edukasi mempunyai peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan yang lebih baik daripada kelompok kontrol yang tidak mendapatkan pendidikan kesehatan melalui peer edukasi. Hasil analisis nilai p < 0,05. Dengan demikian ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui peer edukasi tentang cuci tangan pakai sabun pada anak SD. Berdasarkan hasil tersebut perlu mengoptimalkan kegiatan pendidikan kelompok sebaya melalui kegiatan UKS yang terintegrasi dalam mata pelajaran reguler.

Peer education about handwashing in elementary school children is a preventive effort to improve and maintain the health status of elementary school children. Peer education the community are more common in group. The behavior of hand washing with soap as yet largely entrenched in the elementary school children .The purpose of this study was to observe the effect of health education through peer education about handwashing with soap children in elementary school the Village of Gunung Puyuh Sukabumi West Java. The research is quasi-experimental ( quasi experiment design ) approach pre-test and post-test with control group, the intervention of health education through peer education elementary school children. The research process was conducted in October 2013 for approximately two weeks at the Village Gunung Puyuh Sukabumi West Java. The sampling method used a simple random sampling, sample number 66 was divided into 33 respondents intervention group and a control group of 33 respondents. The results showed the intervention group who received health education through peer education increases the knowledge, attitudes and meaningful actions before and after the intervention with p < 0.05. Control group who did not receive health education through peer education before and after no increase in knowledge, attitudes and actions that significant with p>0.05. Intervention group who received health education through peer education has increased knowledge, attitudes and actions better than the control group who did not receive health education through peer education. The results of the analysis of p the value is<0.05. So there is the influence of health education through peer education about hand washing with soap in elementary school children. Based on these results, it can be recommended that, it need to optimize peer education activities through the UKS activities are integrated in regular subjects.

Download: .pdf