Abstrak RSS

Strategi Komunikasi Pemasaran Pt. Primavision Banjarmasin (Studi Kasus Tentang Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Primavision Dalam Upaya Membangun Loyalitas Pelanggan TV Langganan Berbayar Di Banjarmasin)

Strategi Komunikasi Pemasaran Pt. Primavision Banjarmasin (Studi Kasus Tentang Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Primavision Dalam Upaya Membangun Loyalitas Pelanggan TV Langganan Berbayar Di Banjarmasin)
Surya Fajar
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , ,

Persaingan diantara televisi berlangganan semakin lama semakin meningkat, sehingga upaya membangun loyalitas pelanggan terhadap perusahaan menjadi masalah utama. PT. Primavision merupakan televisi berlangganan yang beroperasi di Banjarmasin yang berdiri sejak 2 April 2004 telah memiliki dua puluh ribu pelanggan tetapi karena persaingan di bidang usaha sejenis di Banjarmasin dewasa ini sangat tajam dan membuat langkah Primavision menarik pasar lebih luas lagi menjadi sedikit terhambat maka Primavison memerlukan strategi komunikasi pemasaran kembali untuk dapat mempertahankan dan menambah jumlah pelanggannya. Karena itu, peneliti mengambil judul pelelitian ini; Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Primavision dalam Upaya Membangun Loyalitas Pelanggan TV Langganan Berbayar Di Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan desain penelitian Studi Kasus yang berangkat dari sebuah persoalan atau kasus yang menurut peneliti layak untuk diangkat sebagai objek penelitian. Penelitian ini juga didukung dengan informant yang peneliti tentukan kriterianya sesuai kebutuh peneliti. Hasil dari penelitian ini diantaranya; (1) Strategi pemasaran itu difokuskan pada kualitas isi siaran, pelayanan dalam aspek teknis Primavision terhadap pelanggan, dan pemeliharaan yang baik melalui umpan balik yang dijaga secara lebih kekeluargaan, (2) Aktivitas gathering dipilih sebagai strategi pemasaran karena dua alasan, pertama, sebagai sarana bagi terciptanya umpan balik yang lebih lengkap dari pelanggan Primavision, dan kedua, sebagai wahana evaluasi dari kegiatan word of mouth yang selama ini dijalankan PT Primavision, dan (3) untuk menciptakan nilai dan kekhasan, Primavision menerapkan strategi komunikasi pemasaran melalui tiga jalan; Pertama, memberikan harga yang sangat murah kepada konsumen, kedua, memberikan layanan pemasangan gratis bagi pelanggan baru atau calon pelanggan, dan ketiga, menyediakan informasi lokal yang sangat diinginkan pelanggan. Saran dalam penelitian ini bagi PT. Primavision adalah aspek teknis dan pelayanan bagi konsumen harus ditingkatkan sehingga loyalitas tetap terbangun, melakukan komunikasi yang intensif dengan pelanggan, serta menambah isi siaran atau program agar lebih menarik.

Competition between subscription television progressively increased, so that the efforts to build customer loyalty for a company becoming a major problem. PT. Primavision a subscription television operating in Banjarmasin, since April 2nd, 2004, has had twenty thousand subscribers. Unfortunately, the competition is getting tight recently in Banjarmasin which inhibited Primavision’s strategy in reaching out for wider market. This fact forced Primavision to take a step towards a decent marketing communication strategy in order to maintain and increase the number of customers. This case become the focus of researcher’s study and research; Marketing Communications Strategy of PT. Primavision in Building Customer Loyalty of Subscription TV In Banjarmasin. This study is a qualitative one with research design that started from an issue or case that deserves to be appointed by the researcher as the research object. This research was also supported by the specified informants appointed by the researcher. The following are the results of this study; (1) The marketing strategy was focused on the quality of broadcast content, the technical aspects of the service Primavision provided to customers and the decent maintenance from great feedback resulted from friendly approach, (2) gathering activities are chosen as a marketing strategy for two reasons; first, as a mean to create more extensive feedbacks from Primavision customers, and secondly, as a vehicle to evaluate the activities of word-of-mouth promotion that has been run by PT Primavision, and (3) to create value and distinctiveness, Primavision implements marketing communication strategies through a three-way; first, providing consumers affordable prices; second, providing free installation service for new customers or prospective customers, and third, to provide local informations that is highly desirable customers. This study suggests PT. Primavision to improve the technical aspects and services for consumers to build their loyalty, creating more intensive communications with customers, as well as creating more broadcast content or programs to make the channel more interesting.

Download: .PDF