Abstrak RSS

Hubungan Penerapan Teknik Disiplin Di TK X Dengan Kemampuan Penalaran Moral Anak Usia 4-6 Tahun

Hubungan Penerapan Teknik Disiplin Di TK X Dengan Kemampuan Penalaran Moral Anak Usia 4-6 Tahun
Fina Dwi Putri
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penelitian ini diawali dengan fenomena sampah di Indonesia. Masalah membuang sampah pada tempatnya masih menjadi isu yang belum ada penyelesaian masalahnya. Masalah ini merupakan suatu dilema, dimana seseorang harus memutuskan apakah akan membuang sampah pada tempatnya atau tidak. Dilema tersebut terkait dengan penalaran moral yang merupakan pertimbangan bagaimana seseorang sampai pada keputusan bahwa sesuatu itu baik atau buruk (Kohlberg, dalam Setiono, 2008). Masalah kedisiplinan membuang sampah ini tentunya harus ditanamkan sejak dini. Teknik penanaman kedisiplinan dikategorikan menjadi 3 (Hoffman, dalam Santrock, 2010), yaitu love withdrawal, power assertion, dan induction. Dari fenomena di atas maka peneliti melakukan penelitian pada anak usia 4-6 tahun di TK X, karena TK X memiliki konsep sekolah alam, menanamkan kecintaan terhadap lingkungan, dan mengedepankan nilai “go green”. Penelitian ini dilakukan kepada siswa-siswi TK X yang berjumlah 37 orang. Dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel penelitian karena seluruh populasi memenuhi kriteria, yaitu siswa TK X yang berusia 4-6 tahun. Berdasarkan accessibility population, subjek yang dapat diperoleh datanya berjumlah 31 orang. Metode penelitian yang akan digunakan adalah studi korelasi. Pengambilan dara dilakukan dengan alat ukur berupa observasi mengenai teknik disiplin di TK X dan alat ukur Moral Judgement Interview Form A. Pengolahan data menggunakan uji korelasi pearson dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil data menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) teknik disiplin love withdrawal = 0,835, teknik disiplin power assertion = 0,079, dan teknik disiplin induction = 0,079. Disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga teknik disiplin dengan kemampuan penalaran moral anak usia 4-6 tahun.

Download: .PDF