Abstrak
Studi Komparatif Mengenai Kemandirian Emosional Pada Siswa SMP Yang Tinggal Di Asrama Dan Yang Tinggal Di Rumah Dengan Orang Tua
Ervini Natasya Mangkudilaga
Unpad
Indonesia
Unpad
Kemandirian Emosional, Siswa SMP
Kemandirian emosional merupakan salah satu aspek dari kemandirian yang berkaitan dengan perubahan hubungan remaja dengan orangtua. Kemandirian emosional memiliki 4 dimensi yaitu Non-Dependency, Individuation, Perceive Parents as People, dan De-Idealized (Steinberg, 2002). Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kemandirian emosional antara remaja yang tinggal di asrama dan yang tinggal di rumah dengan orang tua. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemandirian emosional yang signifikan antara antara siswa SMP Plus Muthahhari yang tinggal di asrama dan yang tinggal di rumah dengan orang tua. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan tingkat kemandirian emosional yang signifikan antara siswa SMP yang tinggal di asrama dan siswa SMP yang tinggal di rumah dengan orang tua Meski demikian, kedua kelompok penelitian mayoritas memiliki tingkat kemandirian emosional tinggi, yaitu 60% untuk siswa di yang tinggal di asrama dan 81% untuk siswa yang tinggal di rumah dengan orang tua.