Abstrak
Studi Mengenai Penilaian Stres Dan Strategi Penanggulangan Stres Pada Siswa Sman Di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara
Meidini Putri Chairmanita
Unpad
Indonesia
Unpad
Penilaian stres, Sma, Strategi Penanggulangan Stres, ujian nasional
Ujian nasional merupakan salah satu standar penentu kelulusan siswa kelas 12. Ujian nasional ini memiliki nilai stres akibat kompetisi, tuntutan lingkungan serta bertambahnya kegiatan yang dilakukan selama persiapan ujian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran penilaian stres serta strategi penanggulangan stres yang dilakukan oleh 187 siswa peserta ujian nasional di SMA Negeri Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebelum ujian nasional dilaksanakan. Alat ukur yang digunakan diadaptasi dari penelitian sebelumnya oleh Nuniya Dwiwastie yang diturunkan dari teori stres dan strategi penanggulangan stres Lazarus dan Folkman (1984) berupa alat ukur penilaian stres dan strategi penanggulangan stres. Hasil reliabilitas dengan menggunakan alpha cronbach adalah sebesar 0,955 untuk alat ukur penilaian stres dan 0,960 untuk alat ukur strategi penanggulangan stres yang artinya alat ukur ini dapat diandalkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh siswa mengalami stres. Peserta yang mengalami stres terbanyak pada kategori sedang, lalu diikuti oleh kategori rendah. Terdapat dua faktor yang menentukan penilaian stres siswa, yaitu jenis kelamin dan asal sekolah. Bentuk penanggulangan stres yang dilakukan oleh siswa cenderung pada strategi penanggulangan yang berpusat pada masalah daripada emosi. Namun, perbedaannya hanya sedikit.