Abstrak RSS

Studi Mengenai Perilaku Membeli Es Krim “X” yang Didasari Intensi Membeli yang Ditentukan oleh: Attitude toward Behavior yang Dipengaruhi oleh Iklannya, Subjective Norm, dan Perceived Behavioral Control

Studi Mengenai Perilaku Membeli Es Krim “X” yang Didasari Intensi Membeli yang Ditentukan oleh: Attitude toward Behavior yang Dipengaruhi oleh Iklannya, Subjective Norm, dan Perceived Behavioral Control
Anthony Siagara
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

PT U mengelola bermacam- macam produk dan salah satunya adalah es krim “X”. Es krim “X” menghasilkan penjualan yang sangat besar di Indonesia. Mayoritas konsumen yang membeli es krim “X” di Jatinangor adalah mahasiswa Universitas Padjadjaran. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan theory of planned behavior untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh intensi membeli terhadap perilaku membeli es krim “X” pada mahasiswa Universitas Padjadjaran. Intensi membeli ditentukan oleh ketiga determinan, yaitu attitude toward behavior yang dipengaruhi oleh iklan, subjective norm, dan perceived behavioral control. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage cluster sampling yang diambil secara acak. Sampel penelitian ini terdiri dari: 2 jurusan Universitas Padjadjaran, yaitu jurusan Keperawatan angkatan 2011 dan jurusan Biologi angkatan 2010. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode multiple regression anlysis atau analisis regresi berganda untuk mengetahui determinan mana yang paling berkontribusi signifikan dalam membentuk intensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa determinan yang memberikan kontribusi paling besar terhadap pembentukan intensi adalah attitude toward behavior yang dipengaruhi oleh iklannya (0.839), dilanjutkan dengan subjective norm (-0.350), dan yang terakhir subjective norm (0.196). Intensi memberikan kontribusi sebesar 0.058 dalam mempengaruhi perilaku membeli es krim “X” dengan taraf signifikansi 0.629. Jadi, intensi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku membeli es krim “X”, tetapi tetapi masih memberikan kontribusi yang positif.

Download: .PDF