Abstrak RSS

Studi Deskriptif Mengenai Iklim Organisasi di Direktorat FKDH (Fasilitasi Kepala Daerah, DPRD, dan Hubungan Antar Lembaga) Kementerian Dalam Negeri Jakarta)

Studi Deskriptif Mengenai Iklim Organisasi di Direktorat FKDH (Fasilitasi Kepala Daerah, DPRD, dan Hubungan Antar Lembaga) Kementerian Dalam Negeri Jakarta)
Sarahita R. Pratami
Unpad
Indonesia
Unpad

Direktorat FKDH (Fasilitasi Kepala Daerah, DPRD, dan Hubungan Antar Lembaga) Kementerian Dalam Negeri Jakarta berperan penting dalam meningkatkan peran pemerintahan yang lebih responsif untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mewujudkan keberhasilan dari suatu organisasi tidak lepas dari peranan iklim organisasi yang terdapat pada lingkungan kerja, karena iklim organisasi akan mempengaruhi motivasi, tampilan kerja, dan kepuasan kerja pegawai. Penelitian ini dilakukan pada pegawai negeri di Direktorat FKDH Kementerian Dalam Negeri Jakarta sebanyak 40 orang dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan gambaran mengenai iklim organisasi pada Direktorat FKDH Kemendagri. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil skor terhadap kuesioner dan juga data tambahan mengenai latar belakang responden. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa iklim organisasi di Direktorat FKDH Kemendagri secara umum dirasa favorable dengan persentase sebesar 97,5%. Adapun urutan dimensi iklim organisasi yang dirasa paling favorable, yaitu Warmth (100%), Conflict (100%), Standard (97,5%), Support (97,5%), Risk (97,5%), Structure (95%), Identity (95%), Responsibility (87,5%), Reward (77,5%).

Download: .PDF