Abstrak RSS

Gambaran Motif Berprestasi Pada Mahasiswa yang Menjalani Long Distance Relationship

Gambaran Motif Berprestasi Pada Mahasiswa yang Menjalani Long Distance Relationship
Rafina Sita Nesia
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Motif berprestasi adalah kecenderungan seseorang untuk berjuang mengatasi tantangan dan hambatan dalam mencapai kesuksesan (dalam hal ini prestasi). Definisi operasionalnya adalah kecenderungan mahasiswa untuk tetap berprestasi meskipun mahasiswa tersebut sedang menjalani long distance relationship yang dapat dilihat dari pemilihan tugas, kebutuhan akan umpan balik, ketangguhan dalam mengerjakan tugas, pengambilan tanggung jawab, kepuasan dalam mengerjakan tugas dan ketakutan akan kegagalan. Rancangan penelitian dalam penelitian ini non-eksperimental dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data secara purposive terhadap 26 mahasiswa/i. Pengukuran menggunakan kuesioner motif berprestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang menjalani long distance relationship tetap memiliki motif berprestasi yang tinggi. Kebutuhan umpan balik merupakan dimensi yang kuat pada motif berprestasi mahasiswa yang menjalani long distance relationship.

Achievement motivation is the tendency of a person to strive to overcome the challenges and barriers to success (in this case the achievement). Operational definition is the tendency of students to remain outstanding even if the student is undergoing a long distance relationship can be seen from the selection of the task, the need for feedback, the toughness of the task, taking responsibility, satisfaction about work and fear of failure. The design of this study in a non-experimental study using quantitative descriptive research method. Data retrieval is purposive to 26 students / i. Measurement of achievement motivation questionnaire. The results showed that students who undergo long distance relationship still has a high achievement motive. The need for feedback is a powerful dimension to the achievement motivation of students who undergo long distance relationship.

Download: .PDF