Abstrak RSS

Komunikasi Bisnis Di Bidang Mode Melalui Variasi Komposita Pinjaman Berinti Nomina Bahasa Jerman

Komunikasi Bisnis Di Bidang Mode Melalui Variasi Komposita Pinjaman Berinti Nomina Bahasa Jerman
Dian Indira, Cicu Finalia
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Manusia memerlukan istilah-istilah tertentu untuk mengutarakan konsep-konsep atau inovasi yang ia dapatkan. Oleh karena itu, tidak dapat dimungkiri perkembangan bahasa seiring dengan perkembangan kehidupan masyarakatnya. Berbagai upaya pun dilakukan agar aspirasi seseorang tersampaikan, baik melalui pembentukan kata atau istilah baru maupun peminjaman dan pengambilalihan kata-kata dari bahasa lain. Kosakata dalam bahasa Jerman diperluas tidak hanya melalui pengambilalihan kata-kata dari bahasa lain atau penerjemahan kata-kata pinjaman, tetapi juga melalui pembentukan kata antara lain berupa hibridisasi, afiksasi, penyesuaian penulisan atau pelafalan (Römer, 2006: 199). Peminjaman kata atau istilah dari bahasa lain dalam bahasa Jerman sudah terjadi sejak berabad-abad yang lalu dengan fase-fase yang berbeda-beda: dari bahasa Latin (pada masa Romawi, pada masa kristenisasi, zaman Humanismus), dari bahasa Prancis (pada Abad Pertengahan, pada abad ke-17, dan ke-18), dari bahasa Inggris-Britania atau bahasa Inggris-Amerika (pada abad ke-20, peminjaman kata atau istilah banyak terjadi dalam bidang pengetahuan, teknik, olahraga, mode, dan media massa visual). Peminjaman terjadi karena adanya pengaruh-pengaruh politik, ekonomi, masyarakat dan budaya serta kontak bahasa (Glück, 2000: 2663).

Download: .PDF