Abstrak
Ekspresi Religiositas Urang Sunda Dalam Teks Islam Berbahasa Sunda
Tb. Chaeru Nugraha
Unpad, Seminar Internasional Reformasi dan Transformasi Kebudayaan Sunda, Jatinangor 9-10 Pebruari 2011
Indonesia
Unpad, Seminar Internasional Reformasi dan Transformasi Kebudayaan Sunda, Jatinangor 9-10 Pebruari 2011
Bahasa Sunda, islam, Religiositas
Makalah ini berjudul “Ekspresi Religiositas Urang Sunda Dalam Teks Islam Berbahasa Sunda”. Tujuan makalah ini adalah mendeskripsikan kesalehan urang Sunda dalam ekspresi sikap berdasarkan kaidah transidental. Hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi satu di antara indikator pembentukan model karakter tangguh urang Sunda. Karakter manusia pada dasarnya terdiri atas pola pikir dan pola sikap yang dibangun berdasarkan kaidah tertentu. Objek kajian dalam penelitian ini adalah terjemahan Al-Quran, As-Sunnah, dan teks berbahasa Sunda yang relevan. Pendekatan yang dipergunakan dalam kajian ini adalah studi gramatika fungsional (GF). Bahasa menurut perspektif GF adalah sistem arti dan sistem lain (yakni sistem bentuk dan ekspresi) untuk merealisasikan arti tersebut. Kajian ini berdasar dua konsep yang mendasar, yaitu (a) bahasa merupakan fenomena sosial yang wujud sebagai semiotik sosial dan (b) bahasa merupakan teks yang berkonstrual (saling menentukan dan merujuk) dengan konteks sosial. Hasil pembahasan makalah ini berupa kategorisasi ekspresi sikap urang Sunda ada berdasarkan kaidah hukum alam, kaidah intelektual, kaidah sosial, dan kaidah transidental. Kedua, model hirarki kaidah ekspresi sikap urang Sunda sehingga terbentuklah karakter yang tangguh. Ketiga, ekspresi religiositas urang Sunda meliputi lima dimensi. Ekspresi sikap pada keyakinan agama adalah kayakinan lantaran panyaksi indriawiah ‘ainal yakin’ jeung ilmiah ‘ilmal yakin’, seperti ‘ hirup teh katunggul ku pati maot teu nyaho di mangsa. Ekspresi sikap terhadap ibadat antara lain ‘omat ulah menekung ngukus di kuburan sidakep sinuku tunggal, iwal nyembah mah ka Gusti Allah nu hiji’. Ekspresi sikap terhadap pengetahuan agama bahwasanya ‘Allah nuMaha Uninga kana uteuk tongo walang taga boh nu nembrak boh nu nyumput dina batu atawa nu nyelempet dina liang cocopet’. Ekspresi tentang pengalaman agama adalah perasaan yang dialami oleh orang beragama, seperti ‘tiis ceuli herang soca, ginuluran pangampura ti nu Maha Rahman Rahim’. Terakhir, ekspresi sikap konsekuen pada aktualisasi dari konsep agama yang dihayati oleh seseorang ‘diantawisna aya kereteging ati bersih nu ngajak hirup yatna jatnika, ucap jeung lampah medal tina katresnan, satingkah saparipolah matak pikayungyuneun teu lesot tina papagon Gusti Yang Manon’.