Abstrak RSS

Hubungan Antara Cara Belajar, Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan I Dengan Kemampuan Antenatal Care Mahasiswa Tingkat II Akkes Swakarsa Tahun 2012/2013

Hubungan Antara Cara Belajar, Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan I Dengan Kemampuan Antenatal Care Mahasiswa Tingkat II Akkes Swakarsa Tahun 2012/2013
Fitria Endah Purwani
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Berdasarkan UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensidirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar, hasil belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan I dengan kemampuan antenatal care mahasiswa tingkat II Akademi Kesehatan Swakarsa program D III Kebidanan tahun 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode study potong lintang atau cross sectional. Tempat dan waktu penelitian penelitian dilakukan pada bulan Januari 2012 di Akademi Kesehatan Swakarsa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa DIII Kebidanan tingkat I dengan jumlah total populasi 51 orang mahasiswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrument penelitian yang didesain sebagai alat bantu yang akan dibutuhkan sesuai dengan kerangka konsep penelitian. Dalam metode pengumpulan data penelitian menggunakan data primer yang didapat dari instrument untuk menjaring variable bebas berupa questioner kebiasaan belajar, hasil belajar, peran dosen pengajar, lingkungan, sarana dan prasarana, serta dukungan orang tua mahasiswa dengan hasil belajar dalam mata kuliah Asuhan Kebidanan I.

Download: .PDF