Abstrak RSS

Studi Korelasional Antara Pola Asuh Yang Diterapkan Oleh Orang Tua Dengan Self-esteem Bidang Akademis Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

Studi Korelasional Antara Pola Asuh Yang Diterapkan Oleh Orang Tua Dengan Self-esteem Bidang Akademis Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Binti Salamah
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk melihat hubungan antara jenis pola asuh dengan self-esteem bidang akademis pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran pada usia dewasa awal. Gage & Berliner (1984) menyebutkan bahwa self-esteem dapat berhubungan dengan bidang akademis, bidang sosial, maupun fisik. Penilaian diri dan keyakinan akan kemampuan yang dimiliki dan perasaan berharga merupakan self-esteem yang harus selalu dikembangkan oleh setiap mahasiswa. Perbedaan tingkat self-esteem dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah perlakuan yang diterima dari orang-orang yang berarti dalam kehidupannya, terutama keluarga atau orang tua (Coopersmith dalam Maccoby, 1980). Penelitian ini dilakukan kepada 74 Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjdajaran dengan teknik sampling stratified randomized sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pola asuh yang mengacu pada Diana Baumrind (1971; dalam Santrock, 2009) dan alat ukur self-esteem bidang akademis yang mengacu pada Coopersmith (1967). Data hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan Pearson’s r Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya jenis pola asuh neglectful yang memiliki korelasi yang signifikan dengan self-esteem bidang akademis. Sedangkan ketiga jenis pola asuh lainya, yaitu jenis pola asuh authoritative, authoritarian, dan indulgent tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan self-esteem bidang akademis.

Download: .PDF