Abstrak
Studi Kasus mengenai Gambaran Gangguan Konsentrasi Belajar pada Anak Usia 6 – 13 Tahun yang Mengalami Sleep Apnea
Dessy Amalia
Unpad
Indonesia
Unpad
Anak, gangguan konsentrasi belajar, sleep apnea
Skripsi ini memuat penelitian kualitatif mengenai “Gambaran Gangguan Konsentrasi Belajar pada Anak yang Mengalami Sleep Apnea”. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang anak usia 11 tahun yang mengalami sleep apnea. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kediaman subjek, di Jakarta dan Depok. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penulisan penelitian ini adalah membuat pertanyaan wawancara yang berkaitan dengan teori yang digunakan, membuat coding sesuai dengan tema penelitian, mencatat hasil wawancara secara tertulis kata demi kata, melakukan pengkodingan hasil wawancara yang didapat, melakukan intepretasi terhadap data, serta melakukan pembahasan secara tertulis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kedua responden mengalami gangguan konsentrasi belajar dengan tingkat keparahan sleep apnea yang berbeda. Salah satu subjek mengalami penurunan prestasi dan yang lainnya tidak mengalami penurunan prestasi.