Abstrak
Studi Mengenai Intensi Berperilaku Asertif Dalam Kegiatan Perkuliahan Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Nurul Hamidah
Unpad
Indonesia
Unpad
asertif, Bertanya dan berpendapat, intensi, perkuliahan, Theory of Planned Behavior
Penelitian ini merupakan studi mengenai intensi berperilaku asertif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran, berasal dari kecenderungan mahasiswa bertanya dan berpendapat dengan asertif dalam perkuliahan terutama lecture. Penelitian bertujuan mendapatkan gambaran intensi mahasiswa berperilaku asertif pada kegiatan perkuliahan melalui kuisioner Intensi dan Perilaku asertif. Menggunakan Theori Of Planned Behavior dari Icek Ajzen (2005) dan Teori Asertif dari Rathus & Nevid (1980). Intensi memiliki tiga dimensi, yaitu Attitude Toward Behavior, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control. Menggunakan Teknik Simple Random sampling, didapatkan 89 responden dari tiga angkatan yang masih mengikuti perkuliahan yaitu 2011,2012,2013. Intensi dan keasertifitasan mahasiswa didapatkan melalui self report questionnaire. Sebagian besar mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (52,5%) memiliki tingkat keasertifitasan tinggi dan hampir semua mahasiswa memiliki kesiapan yang kuat untuk berperilaku asertif dalam perkuliahan. Mahasiswa dengan kategori asertif tinggi intensi kuat dipengaruhi oleh determinan Perceived Behavioral Control, dimana intensi diarahkan oleh belief tentang kemampuan dirinya berperilaku asertif bukan oleh lingkungan (teman, dosen, teman dekat) ataupun keyakinan akan manfaat perilaku. Sedangkan kategori asertif tinggi intensi lemah lebih dipengaruhi oleh penilaian yang cenderung negatif akan kemampuan, manfaat serta harapan dari significant person berperilaku asertif dalam perkuliahan