Abstrak
Studi Korelasi Mengenai Gaya Pengasuhan Otoritatif dengan Religiusitas Siswa Madrasah Aliyah X Bandung
Isty Diah Lestari
Unpad
Indonesia
Unpad
Gaya Pengasuhan Otoritatif, Madrasah Aliyah, religiusitas
Religiusitas merupakan bagian yang cukup penting dalam jiwa remaja. Salah satu faktor yang berperan dalam perkembangan religiusitas remaja adalah pengasuhan yang diterapkan oleh orangtua. Pengasuhan yang otoritatif dianggap sebagai gaya pengasuhan yang berkorelasi positif dengan religiusitas karena adanya keseimbangan antara pengendalian orangtua serta bimbingan kepada anak. Fenomena yang ditemukan pada siswa Madrasah Aliyah X di Kabupaten Bandung menunjukkan bahwa siswa dengan orangtua yang otoritatif masih memiliki religiusitas yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya pengasuhan otoritatif dan religiusitas pada siswa Madrasah Aliyah yang mendapatkan pendidikan agama yang lebih intens dibandingkan sekolah umum. Responden dalam penelitian ini adalah 111 siswa Madrasah Aliyah X Kabupaten Bandung yang tinggal bersama orangtua dan menilai orangtuanya menerapkan gaya pengasuhan otoritatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner gaya pengasuhan dari Diana Baumrind (1971) dan lima dimensi religiusitas dari Glock dan Stark (1965). Berdasarkan uji Korelasi Rank Spearman dengan taraf kepercayaan 95 % diperoleh kesimpulan terdapat korelasi antara gaya pengasuhan otoritatif dan religiusitas siswa. Korelasi antara dimensi gaya pengasuhan parental demandingness dengan religiusitas tergolong sedang (0,409) dan parental responsiveness dengan religiusitas tergolong rendah (0,325).