Abstrak
Rancangan Modul Peningkatan Sustained Attention Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP) Uji Coba Modul Peningkatan Sustained Attention Melalui Media Kartu Merah dan Hitam pada Anak Usia 10 Tahun yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP)
Selly
Unpad
Indonesia
Unpad
ADD, PP, psikoedukasi, psychoeducation, sustained attention
Meningkatnya tuntutan belajar di kelas 4 sekolah dasar, rata-rata anak berusia 10 tahun, membutuhkan kemampuan untuk fokus dan mempertahankan perhatian. Anak yang mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP) sulit mempertahankan perhatiannya, tidak memahami pelajaran, tidak selesai saat mengerjakan tugas, atau ada soal yang terlewat dikerjakan. Peneliti merancang suatu modul pelatihan peningkatan sustained attention melalui media kartu merah dan hitam dengan menggunakan komputer, yang berorientasi pada contoh Attention Training Program (Flick, 1998) dengan pendekatan psikoedukasi untuk meningkatkan self awareness pada anak. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Single-subject, Randomized, Time-series Design. Pengukuran pre-test dan post-test dilakukan menggunakan Structured Observation of Academic and Play Settings (SOAPS) dari Roberts, Milich. & Loney (Sattler, 2002). Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa Modul Pelatihan Peningkatan Sustained Attention Melalui Media Kartu Merah dan Hitam berperan terhadap peningkatan Sustained Attention pada Anak Usia 10 tahun yang Mengalami GPP.
The increasing demands of studying in grade 4 elementary school, the average 10-year-old child, requires the ability to focus and sustain attention. Children who experience Attention Deficit Disorder (ADD) difficulty maintaining attention, did not understand the lesson, the task is not completed, or missed done. Researcher designed a sustained attention enhancement training module through a red and black card using a computer, which is oriented in the example Attention Training Program (Flick, 1998) with psychoeducation approach to increase self awareness in children. The design study is a single-subject, randomized, time-series design. Measurement of pre-test and post-test was performed using the Structured Observation of Academic and Play Settings (SOAPS) of Roberts, Milich. & Loney (Sattler, 2002). From the results of the study, showed that the sustained attention enhancement training module through red and black card contribute to an increase sustained attention in children aged 10 years experiencing ADD.