Abstrak RSS

Rancangan Modul Peningkatan Selective Attention Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP) Uji Coba Modul Peningkatan Selective Attention Melalui Permainan “Kumpulkan Bola Merah” Pada Anak yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP) Usia 10 Tahun

Rancangan Modul Peningkatan Selective Attention Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP) Uji Coba Modul Peningkatan Selective Attention Melalui Permainan “Kumpulkan Bola Merah” Pada Anak yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP) Usia 10 Tahun
Meita Nisa Handini
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Anak yang mengalami GPP pada umumnya mudah terdistraksi oleh banyak hal yang menarik baginya. Kondisi anak GPP yang mudah terdistraksi menunjukkan bahwa anak memiliki kemampuan selective attention yaitu mempertahankan perhatian pada tugas dan mengabaikan rangsang lain di luar tugas yang lebih rendah dibandingkan dengan anak pada umumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikoedukasi untuk menumbuhkan self-awareness. Program yang diujicobakan adalah suatu computerized training program untuk meningkatkan selective attention. Permainan “Kumpulkan Bola Merah” merupakan program komputer untuk meningkatkan selective attention dimana anak harus menekan tombol ketika muncul stimulus target (bola merah) dan tidak menekan tombol ketika muncul stimulus non target (bola hijau, kuning, dan biru). Hal tersebut melatih anak untuk mengatasi distraksi yang mungkin muncul ketika anak mengerjakan tugas. Penelitian ini menggunakan rancangan Single Subject Desain tipe A – B – A. Berdasarkan penelitian didapatkan kesimpulan bahwa permainan “Kumpulkan Bola Merah” dapat meningkatkan selective attention anak GPP usia 10 tahun yang diukur menggunakan The Stroop Color Word Test.

Download: .PDF