Abstrak
Latihan Gerak Pada Anak Yang Mengalami Attention Deficit – Hyperactivity Disorder
Mayalisya Karmila
Unpad
Indonesia
Unpad
Anak, atihan Gerak, Attention Deficit - Hyperactivity Disorder
Banyaknya keluhan terkait anak yang mengalami ADHD serta dampak yang dirasakan, khususnya ketika berada pada setting belajar di kelas, membuat perlunya bentuk penanganan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya adalah bentuk penanganan yang bertujuan meningkatkan regulasi gerak. Valett (1974) seorang ahli intervensi anak ADHD, membuat suatu bentuk latihan yang disebut gerak Shadow. Dalam latihan tersebut, anak ADHD ditugaskan untuk mengikuti gerakan pelatih dengan sama persis secara perlahan. Pada penelitian ini digunakan rancangan single-subject dengan tipe ABAB. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa pemberian latihan gerak shadow dapat meningkatkan regulasi gerak pada anak usia 9 tahun yang mengalami ADHD. Hal ini dilihat dari penurunan gerak tidak teratur di setting latihan dan setting kelas