Abstrak
Rancangan Modul Peningkatan Selective Attention Pada Anak Yang Mengalami Attention Deficit Disorder (ADD) Uji Coba Modul Peningkatan Selective Attention dengan Aktivitas Mensortir Kartu Gambar Lingkaran Merah pada Anak Usia 8 Tahun yang Mengalami Attention Deficit Disorder (ADD)
Tio Renova Pratiwi
Unpad
Indonesia
Unpad
ADD, Anak, Selective attention
Tuntutan yang harus dipenuhi pada usia anak sekolah adalah mampu memfokuskan atensi, mengontrol diri, mengatur diri dan mengarahkan diri pada tujuan. Pada anak ADD tuntutan tersebut tentunya sulit untuk dipenuhi sehingga ia tidak paham dengan apa yang disampaikan dan tidak mampu menyelesaikan tugas. Selain kondisi tersebut, angka prevalensi terjadinya ADD yang meningkat dan efek yang ditimbulkan mendorong peneliti untuk menyusun penanganan yang dapat membantu. Salah satunya adalah bentuk penanganan yang bertujuan meningkatkan selective attention yang disusun secara sistematis dengan menggunakan metode psikoedukasi dan memiliki prinsip repetitive (pengulangan). Serangkaian aktivitas memilih dan mengumpulkan kartu bergambar lingkaran merah dengan posisi gambar di tengah sebagai target dari sekumpulan kartu bergambar lingkaran merah dengan posisi gambar yang berbeda-beda sebagai non target yang diberikan pada anak. Pada penelitian ini digunakan rancangan single-subject dengan tipe ABA. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa modul dengan aktivitas mensortir kartu yang telah dirancang dapat meningkatkan kemampuan selective attention.