Abstrak RSS

Rancangan Modul Peningkatan Sustained Attention Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian Uji Coba Modul Peningkatan Sustained Attention Melalui Permainan “Pemburu Nyamuk” Pada Anak Usia 8-9 Tahun (kelas 3 SD) yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP)

Rancangan Modul Peningkatan Sustained Attention Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian Uji Coba Modul Peningkatan Sustained Attention Melalui Permainan “Pemburu Nyamuk” Pada Anak Usia 8-9 Tahun (kelas 3 SD) yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP)
Vidya Anindhita
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Gangguan pemusatan perhatian (GPP) mulai menjadi perhatian banyak pihak, mengingat jumlah kasusnya semakin meningkat setiap tahunnya.GPP dengan symptom utama inatensi semakin dirasakan ketika anak memasuki kelas 3 SD. Tuntutan belajar semakin tinggi sehingga anak harus mampu berkonsentrasi dalam rentang waktu yang panjang.Dibutuhkan adanya penanganan untuk membantu anak dalam meningkatkan kemampuan mempertahankan perhatian (sustained attention). Penelitian ini mengujicobakan rancangan modul peningkatan sustained attention melalui permainan Pemburu Nyamuk dengan menggunakan pendekatan psikoedukasi untuk menumbuhkan self awareness anak. Dalam pelatihannya, anak ditugaskan menyelesaikan permainan menangkap nyamuk dengan cara menekan spacebarkomputer pada dua kondisi (1) saat anak melihat nyamuk sampai di tangan, dan (2) saat suara nyamuk berhenti terdengar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian single subject ABAB design. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan durasi atensi saat anak belajar di kelas ketika ia mendapatkan pelatihan.

Download: .PDF