Abstrak
Analisis Multigroup Structural Equation Modeling (SEM) (Studi Kasus: Indeks Kepuasan Konsumen terhadap Data BPS)
Agustina Dwi Wardani, Nusar Hajarisman, Zulhanif
Unpad
Indonesia
Unpad
Analisis Multigrup, mean factor, SEM, Structured Mean
Kompleksitas hubungan antar variabel secara efisien dapat ditangani dengan menggunakan metode multivariat statistik. Saat bertemu dengan kondisi dimana variabel yang diperoleh tidak dapat diamati secara langsung, MANOVA tidak dapat diandalkan. Untuk mengatasi permasalahan analisis variabel yang tidak dapat diukur secara langsung (variabel laten) maka muncul analisis Structural Equation Modeling (SEM). SEM memberikan kerangka yang handal dalam menguji perbedaan antara kelompok pada variabel laten. Pemodelan Multigrup SEM sering digunakan untuk mengevaluasi pengukuran invarian dalam penelitian ilmu sosial. Model structured mean digunakan untuk menguji perbedaan rata-rata kelompok dalam variabel-variabel terukur dan atau laten. Hasil pembahasan dalam penelitian analisis multigroup ini menunjukkan bahwa berdasarkan mean factor intersep invarian antar kelompok. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelompok laki-laki dan kelompok wanita, dimana kelompok laki-laki lebih tinggi dibandingkan kelompok wanita.