Abstrak
Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Yang Bermain Angklung
Rd Ira Anzaina Putri
Unpad
Indonesia
Unpad
angklung, Emosi, mahasiswa, Regulasi Emosi
Mahasiswa memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan pada jenjang pendidikan sebelumnya. Sekarang ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk baik dari segi akademik tapi juga dituntut aktif dalam kegiatan non akademik. Banyaknya hal yang harus diselesaikan oleh mahasiswa tersebut tidak jarang menimbulkan stress. Stress ini sendiri memberikan berbagai dampak, salah satunya berdampak pada kondisi emosional mahasiswa. Dampak emosional ini perlu untuk ditanggulangi karena dapat membuat mahasiswa menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, perlu bagi mahasiswa untuk meregulasi emosinya. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membantu upaya regulasi emosi tersebut adalah dengan mengikuti kegiatan bermain angklung. Kegiatan bermain angklung ini dapat membantu karena 3 hal, yaitu minat terhadap keunikan angklung, musik, dan keberadaan teman di tempat angklung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non expertimental quantitative research dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan terhadap 33 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran yang aktif mengikuti Kelompok Kegiatan Angklung. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi emosi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad yang bermain angklung termasuk ke dalam 3 kategori, yaitu tergolong baik (75,76%), cukup (24,24%), dan buruk (0%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara garis besar siswa cukup menyukai dan cenderung akan berelasi lawan jenis sesuai dalam agama Islam.