Abstrak
Studi Deskriptif Mengenai Psychological Capital Pada Siswa Kelas XII SMA Dan Sederajat Di Wilayah Kecamatan Jatinangor
Shabrina Syfa
Unpad
Indonesia
Unpad
Hope, Optimism, Psychological Capital, Resiliency, self-efficacy, Siswa kelas XII SMA dan sederajat
Psychological Capital adalah keadaan positif perkembangan psikologis yang ditandai dengan adanya empat aspek konstruk, yaitu self efficacy/confidence, optimism, hope dan resiliency (Luthans, Youssef, & Avolio, 2007). Siswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat merupakan generasi yang perlu diketahui seperti apa keadaan Psychological Capital nya karena dapat dijadikan modal untuk mempersiapkan masa setelah lulus sekolah. Psychological Capital pada siswa SMA di wilayah Jatinangor ditemukan belum memadai. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penjabaran tentang gambaran Psychological Capital pada siswa kelas XII SMA dan sederajat di wilayah Kecamatan Jatinangor melalui empat aspek yang terdapat didalamnya, yaitu self efficacy, hope, resiliency, dan optimism. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dengan metode penelitian deskriptif. Responden penelitian (n=423) adalah siswa-siswi kelas XII SMA dan sederajat di wilayah Kecamatan Jatinangor yang ditentukan berdasarkan proportionate cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan merupakan kuesioner yang dimodifikasi dari Psychological Capital Questionnaire dari Fred Luthans (2007), berjumlah 33 item dengan reliabilitas sebesar 0,941. Hasil analisis menunjukkan bahwa Psychological Capital yang dimiliki oleh responden mendapatkan pengaruh dari dimensi self efficacy sebesar 33,98%. Sedangkan untuk dimensi hope berpengaruh sebesar 27,37%, dimensi resiliency berpengaruh sebesar 21,06%, dan yang paling kecil pengaruh terdapat pada dimensi optimism, yaitu sebesar 17,58%. Berdasarkan data ditemukan bahwa sebanyak 53,2% siswa memiliki tingkat PsyCap yang tergolong tinggi. Sekolah menentukan perbedaan rata-rata Psychological Capital yang dimiliki oleh responden dalam penelitian ini.