Abstrak RSS

Studi Mengenai Gambaran Kepuasan Kerja Pengemudi Travel Cipaganti Rute Bandung-jakarta

Studi Mengenai Gambaran Kepuasan Kerja Pengemudi Travel Cipaganti Rute Bandung-jakarta
Yessie Istifani Rizal
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Pengemudi travel Cipaganti memegang peran penting dalam mempertahankan citra perusahaan kepada msayarakat, karena pengemudi berhubungan langsung dengan pelanggan. Agar mencapai target yang diberikan perusahaan, pengemudi harus lebih produktif dalam bekerja sehingga dapat memberikan hasil yang baik. Agar menghasilkan kinerja yang optimal harus diciptakan sedemikian rupa agar kesempatan pemuasan kebutuhan pengemudi dapat tercapai sehingga kinerja menjadi optimal. Menurut theory of work adjustment kepuasan kerja muncul ketika kebutuhan dan harapan pengemudi terpenuhi oleh lingkungan kerja (correspondence). Penelitian ini dilakukan terhadap 64 pengemudi regular travel Cipaganti jurusan Bandung-Jakarta yang berusia 21 – 50 tahun. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-eksperimental deskriptif kuantitatif, alat ukur yang digunakan berupa adaptasi dari kuesioner Short-term MSQ (Minnesota Satisfaction Quessionnaire). Hasil penelitian menunujukkan bahwa sebanyak 81% pengemudi travel Cipaganti jurusan Bandung-Jakarta merasa puas dengan pekerjaan mereka. Para pengemudi merasa puas pada dimensi kepuasan kerja umum. Kepuasan kerja meningkat seiring dengan lamanya bekerja dan menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Download: .PDF