Abstrak RSS

Kontribusi Iklim Sekolah Terhadap Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Pandeglang

Kontribusi Iklim Sekolah Terhadap Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Pandeglang
Nurwita Kumala Dewi, Surya Cahyadi
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis kontribusi iklim sekolah terhadap regulasi diri siswa dalam belajar. Dalam konsep kognisi sosial, terdapat tiga faktor yang mempengaruhi regulasi diri secara resiprokal, yaitu faktor personal, faktor perilaku, dan faktor lingkungan. Kajian mengenai kontribusi lingkungan menjadi fokus karena siswa kelas XI di SMAN 2 Pandeglang menjadikan sekolah sebagai lingkungan utama kegiatan belajar. Aspek-aspek iklim yang dikaji adalah bidang keamanan, pembelajaran, hubungan sosial, dan lingkungan fisik. Sementara regulasi diri siswa tercermin dalam penggunaan delapan strategi kunci, yaitu 1) menetapkan tujuan belajar yang spesifik dan proksimal, serta merencanakan strategi dan langkah untuk kegiatan belajar; 2) menggunakan strategi belajar yang ampuh; 3) memantau kegiatan belajar yang dilakukan; 4) mengatur lingkungan fisik dan sosial; 5) mengelola penggunaan waktu belajar; 6) mengevaluasi pencapaian belajar; 7) mengatribusi penyebab hasil belajar; dan 8) mengadaptasi metode belajar. Data penelitian didapatkan melalui kuesioner kepada 137 siswa kelas XI di SMAN 2 Pandeglang yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linier. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota dan convenience sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim sekolah memberikan kontribusi positif yang berarti pada regulasi diri dalam belajar, dengan besar determinansi 14.1%.

Download: .PDF