Abstrak RSS

Pengaruh Terapi Sentuhan Quantum Terhadap Kecemasan Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner Di Ruang ICCU RSUD Dr. Soedarso Pontianak Kalimantan Barat

Pengaruh Terapi Sentuhan Quantum Terhadap Kecemasan Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner Di Ruang ICCU RSUD Dr. Soedarso Pontianak Kalimantan Barat
Suhaimi Fauzan, Suryani, Imas Rafiyah
Fakultas keperawatan UNPAD
Indonesia
Fakultas keperawatan UNPAD
, ,

Penyakit jantung koroner adalah penyempitan atau penyumbatan arteri koroner, arteri yang menyalurkan darah ke otot jantung bila satu atau lebih arteri koroner tersumbat akibatnya akan terjadi serangan jantung. Kecemasan meningkat pada pasien penyakit jantung koroner yang akan mempengaruhi penyembuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi terapi sentuhan quantum terhadap penurunan kecemasan pada pasien penyakit jantung koroner yang dirawat di ruang ICCU RSUD Dr. Soedarso Pontianak.

Rancangan penelitian menggunakan Quasy Experiment, design with pre-post test control group, tehnik pengambilan sampel menggunakan Consecutive Sampling, ukuran sampel 32 orang dibagi menjadi kelompok intervensi dan kontrol. Kelompok intervensi diberikan terapi sentuhan quantum selama 20 menit. Sebelum dan sesudah intervensi diukur tingkat kecemasan menggunakan kuesioner The Self Rating Anxiety Scale of Zung (ZSAS). Data dianalisis menggunakan Wilcoxon dan Mann-Whitney.

Hasil menunjukan perhitungan p-value sebesar 0,000 yang lebih kecil dari α (0,05) maka H0 ditolak artinya ada penurunan kecemasan pada kelompok intervensi yang diberikan terapi sentuhan quantum dibandingkan kelompok kontol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian terapi sentuhan quantum terhadap penurunan kecemasan pada pasien penyakit jantung koroner. Implikasi penelitian ini bahwa intervensi terapi sentuhan quantum dapat menurunkan kecemasan sehingga dapat dipertimbangkan sebagai salah satu intervensi yang dapat dilakukan perawat.

Download: Pdf