Abstrak RSS

Description of Mandible Cortical Bone Height in Patients with Type-2 Diabetes Mellitus and Suspect Osteoporosis

Description of Mandible Cortical Bone Height in Patients with Type-2 Diabetes Mellitus and Suspect Osteoporosis
Lusi Epsilawati, drg, Azhari, drg
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , ,

Osteoporosis dan diabetes militus adalah penyakit sistemik dimana keduanya dapat menyebabkan kualitas tulang menurun. Penurunan nilai kualitas tulang dapat dianalisa dengan mengukur ketebalan tulang kortikal pada mandibula. Salah satu metode yang digunakan untuk mengukur ketebalan tulang kortikal adalah dengan mental indeks yang dilakukan dengan panoramic radiografi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa ketebalan tulang kortikal pada penderita osteoporosis dan diabetes militus tipe 2. Metode dan bahan : Metode yang digunakan dalam penelitian ini ad menggunakan adalah deskripsi.
Populasi dan sampel yang digunakan merupakan data sekunder berupa panoramic radiografi dari pasien suspek osteoporosis dan diabetes militus tipe2. Berdasarkan pemilihan sampel maka dapat diambil sampel dengan jumlah 14 panoramik radiograf untuk pasien suspek osteoporosis dan 13 radiograf untuk pasien diabetes militus tipe2, sedangkan sebagai pembanding diambil 5 buah sampel panorami radiograf dengan usia yang sama.
Hasil dari penelitian ini diperoleh data bahwa ketinggian tulang kortikal pada pasien diabetes militus tipe 2 berkisar antara 2,37mm – 2,37mm pada sisi kiri maupun kanan, sedangkan pada penderita osteoporosis lebih rendah yaitu 1,7 mm pada sisi kanan dan kiri 1,8 mm.
Kesimpulan yang dapatdiambilbahwakualitastulangpadapenderita osteoporosis lebihbanyakdibandingkandenganpenderita diabetes militustipe 2.

Background: Osteoporosis and diabetes mellitus is a systemic disease in which both lead to decreased bone quality. Decrease in bone quality can be analyzed by measuring the mandible cortical bone height. Mentale index is an index that can be used for assessment the height cortical bone in the mandible. This Assessment use the panoramic radiograph. Purpose: The purpose of this study was to analyze the ratio of mandibular cortical bone height in patients with type 2 diabetes mellitus and osteoporosis with panoramic radiography. Methods and Materials: The study is descriptive study. Samples were secondary data were 14 panoramic radiographs of patients suspected osteoporosis, 13 pieces of patients with type 2 diabetes mellitus and 5 normal patients as a control. All data from patients who come to the clinic RSGM Dentistry Padjadjaran. Results: The results showed that mandible cortical bone height in patients with diabetes mellitus-value of 2.37 mm until 2.31 mm, whereas in patients with osteoporosis showed a lower value which is 1.7 mm in the right and left 1.8 mm..Conclusion: The conclusion that can be taken from this study is the decline in the quality of bone in patients with osteoporosis is more common when compared with patients with type 2 diabetes mellitus.