Abstrak RSS

Studi Deskriptif Mengenai Academic Self Management Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad

Studi Deskriptif Mengenai Academic Self Management Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad
Latifa Nurhidayati
Unpad
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Unpad

Mahasiswa merupakan individu dewasa awal yang berada dalam rentang usia 18-40 tahun. Pada masa ini, individu dewasa awal memiliki tugas perkembangan untuk meniti karir di masa depan (Hurlock, 1973 dalam Burnama, 2012). Dalam rangka mempersiapkan diri meniti karir di masa depan, salah satu cara yang dapat dilakukan mahasiswa adalah dengan mengikuti pendidikan. Kinerja mahasiswa selama proses perkuliahan tergambar dalam bentuk Indeks Prestasi Kumulatif atau yang disingkat dengan IPK. Hal tersebut juga diperkuat oleh pernyataan bahwa tolok ukur otentik dari keberhasilan mahasiswa dalam berprestasi adalah nilai akademik yang mereka peroleh dari setiap mata kuliah yang diperolehnya selama kuliah dalam bentuk nilai Indeks Prestasi (IP) setiap semester. Nilai tersebut diakumulasikan menjadi IPK (Burnama, 2012). IPK adalah angka yang menunjukkan prestasi atau kemajuan belajar mahasiswa secara kumulatif mulai dari semester pertama sampai dengan semester paling akhir yang telah ditempuh (Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Universitas Padjadjaran, 2013).

Download: .PDF