Abstrak RSS

Efektivitas Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Dukungan Sosial (Social Support) Dalam Merawat Pasien Stroke (Studi Kasus)

Efektivitas Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Dukungan Sosial (Social Support) Dalam Merawat Pasien Stroke (Studi Kasus)
Silfia Nanda Sari
Unpad
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Unpad
, , , ,

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian psikoedukasi terhadap peningkatan pemberian dukungan sosial oleh istri kepada suami yang menderita stroke. Rancangan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan melibatkan dua subyek penelitian yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan kuesioner. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner dukungan sosial yang dibuat sendiri oleh peneliti yang diturunkan dari teori dukungan sosial dari . Rangkaian psikoedukasi dilakukan dalam 4 tahapan besar. Pengukuran dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu sebelum dan dua minggu setelah psikoedukasi dilakukan. Data dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan metode kualitatif dengan content analysis dan analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program, psikoedukasi efektif untuk meningkatkan pemberian dukungan sosial oleh istri kepada suami yang menderita stroke pada kedua subyek penelitian yang ditandai dengan meningkatnya skor dan perubahan kategori dukungan sosial setelah dilakukan program psikoedukasi.

This study was aimed to determine the effectiveness of Psychoeducation to increase the provision of Social Support by the wife to the husband who suffered a stroke . The design of this research is a case study involving two subjects of research obtained through purposive sampling technique. The data was obtained by using interviews, observations, and questionnaires. The questionnaire used is the social support questionnaire made by the researchers based on the theory of social support of The series of psychoeducation program is done in four major stages. Measurements were conducted 3 three times, before and two week after the psychoeducation program was completed. The data were analyzed using descriptive statistical methods of quantitative and qualitative methods of content analysis and descriptive analysis. The results showed that psychoeducation program effective for improving social support in both subjects were characterized by increased score and categories of social support after a given psychoeducation program. Qualitatively, showed some changes in the cognition, emotional, behavioral and physical domain.

Download: .PDF