Abstrak RSS

Pelatihan Penerapan Keterampilan Critical Thinking Dalam Proses Pembuatan Pertanyaan Anamnesa Studi Pada Mahasiswa Magister Psikologi Profesi Universitas Padjadjaran Mayoring Psikologi Pendidikan

Pelatihan Penerapan Keterampilan Critical Thinking Dalam Proses Pembuatan Pertanyaan Anamnesa Studi Pada Mahasiswa Magister Psikologi Profesi Universitas Padjadjaran Mayoring Psikologi Pendidikan
Rosse Meyrinta, S.Psi, Dr. Surya Cahyadi, M.Psi, Dra. Hj. Rasni Adha Yuanita, M.Si
Unpad
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Unpad
, , ,

Critical thinking bisa para mahasiswa Magister Psikologi Profesi terapkan dalam pelaksanaan praktek kerja untuk dapat menegakkan diagnosa dengan tepat. Salah satunya dalam proses pembauatn pertanyaan anamnesa. Berdasarkan hasil wawancara dengan tiga mahasiswa praktek kerja, menunjukkan bahwa mereka belum optimal dalam menerapkan keterampilan critical thinking dalam proses pembuatan pertanyaan anamnesa. Permasalahan yang dialami oleh semua mahasiswa tersebut terutama dalam membuat pertanyaan untuk setiap data yang akan digali berdasarkan teori yang paling relevan dengan permasalahan klien. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti “Apakah pelatihan yang dirancang dapat meningkatkan level penerapan keterampilan critical thinking dalam proses pembuatan pertanyaan anamnesa pada mahasiswa Magister Psikologi Profesi Universitas Padjadjaran Mayoring Psikologi Pendidikan?”. Rancangan penelitian yang digunakan adalah The One-Group Pretest-Posttest Design. Alat ukur utamanya adalah rubrik penilaian kinerja Uji statistiknya adalah uji Wilcoxon. Subjek penelitiannya adalah 5 mahasiswa praktek kerja. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: Terdapat peningkatan level penerapan keterampilan critical thinking dalam proses pembuatan pertanyaan anamnesa pada mahasiswa Magister Psikologi Profesi Universitas Padjadjaran Mayoring Psikologi Pendidikan, dengan demikian tujuan pelatihan tercapai.

Scholar Students of the Master of Professional Psychology could apply Critical Thinking Skills in the implementation of work practices to be able to diagnose correctly. One was in the anamnesa questions’ making process. Based on interviews with three students working practices, showing that they were not optimal in applying critical thinking skills in the anamnesa questions’ making process. Problems experienced by all students, especially in making inquiries for any data to be extracted based on the theory that are most relevant to client problems. Therefore, researchers interested in studying “Is designed training can increase the level of application of critical thinking skills in the anamnesa questions’ making process on the students of Master of Professional Psychology Educational Psychology, University of Padjadjaran Mayoring?”. The One-Group Pretest-Posttest Design was used in this research. The main measuring instrument was performance assessment rubric. The statistical analysis used was Wilcoxon test. Subject of research was 5 scholar students. Results obtained were as follows: There was an increased level of application of critical thinking skills in the process of anamnesis questions on the students of Master of Professional Psychology Educational Psychology, University of Padjadjaran Mayoring, thus had achieved the training objectives.

Download: .PDF