Abstrak RSS

Penelitian Mengenai Kemampuan Menunda Kepuasan Pada Anak Usia Prasekola Delay Of Gratification Study In Preschool Children

Penelitian Mengenai Kemampuan Menunda Kepuasan Pada Anak Usia Prasekola Delay Of Gratification Study In Preschool Children
Rijki Nur Ardianti
Unpad
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Unpad
, , , , , , ,

Kemampuan manusia untuk meregulasi diri merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Pada anak, regulasi diri ini dapat dilihat dari kemampuannya untuk menunda kepuasan. Kemampuan ini penting dimiliki oleh anak usia prasekolah karena dapat memprediksi kemampuannya dalam bidang akademik dan sosial 15 tahun kemudian (Mischel et al., 1988). Partisipan dalam penelitian ini adalah 35 orang anak dengan rentang usia mulai dari 4 tahun 2 bulan hingga 7 tahun 2 bulan. Kemampuan menunda kepuasan partisipan diukur dari durasi waktu menunda keinginan terhadap reward (berupa makanan atau minuman) yang dapat diperoleh langsung, demi mendapatkan reward (makanan atau minuman sejenis) dalam jumlah yang lebih banyak. Kemampuan menunda kepuasan diukur dari durasi waktu partisipan menunda kepuasan. Dalam penelitian ini, didapatkan rata-rata durasi waktu menunda kepuasan selama 784,06 detik (13 menit 4 detik). Sebanyak 29 partisipan memiliki durasi waktu menunda kepuasan lebih dari rata-rata dan 6 partisipan lainnya memiliki durasi waktu menunda kepuasan dibawah rata-rata. Penelitian ini juga berusaha mengidentifikasi strategi yang dilakukan oleh partisipan selama menunda kepuasan. Strategi yang paling banyak dilakukan adalah strategi ignoring, yaitu berusaha menghindarkan perhatian dari makanan atau minuman yang tersedia di ruang penelitian.

Self-regulation ability is important in human life. Ability to Delay of gratification is a prototype of self-regulation ability in children. This ability is important in preschool children because it can predict cognitive and social competences 15 years later (Mischel et al., 1988). In this study 35 children, ranging in age from 4 years 2 months to 7 years 2 months waited for desired delayed reward in the face immediately available but less desirable reward. Delay of gratification ability measured by delay times. The mean of delay times in this study is 784,06 seconds (13 minutes 4 seconds), 29 children waited more than this and another 6 children were less. This study also indentified the strategies that prescoolers used to facilitate the delay task. The most common strategy that preschooler used during delay task was ignoring, avoiding attention from available reward.

Download: .PDF