Abstrak RSS

Studi Deskriptif Mengenai Organizational Citizenship Behavior Pada Pegawai Negeri Sipil Di Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Pussenarhanud)

Studi Deskriptif Mengenai Organizational Citizenship Behavior Pada Pegawai Negeri Sipil Di Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Pussenarhanud)
Arief Wahyudi
Unpad
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Unpad
, ,

Sektor pertahanan Negara Indonesia merupakan sektor yang penting untuk menjaga kedaulatan Negara Indonesia terhadap ancaman yang datangnya baik dari dalam maupun dari luar negar, oleh karena itu dibutuhkan suatu badan pertahanan negara. Badan pertahanan negara yang ada di Indonesia saat ini adalah TNI (Tentara Nasional Indonesia). TNI itu sendiri di dalamnya terdapat anggota militer dan Pegawai Negeri Sipil. PNS dalam TNI telah diatur dalam No 34 Tahun 2004, Pasal 46, Ayat 1, yaitu jabatan tertentu dalam struktur di lingkungan TNI dapat diduduki oleh pegawai negeri sipil. Organisasi dapat berjalan efektif jika seluruh elemen di dalamnya dapat membentuk sinergi yang optimal guna tercapainya tujuan organisasi. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian bertujuan untuk melihat gambaran Organizational Citizenship Behavior pada PNS TNI-AD di Pussenarhanud. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif bertujuan untuk menggambarkan secara cermat mengenai karakteristik dari suatu gejala atau masalah yang diteliti. Penelitian dilakukan pada sampel dari populasi PNS TNI-AD di Pussenarhanud yang berjumlah 34 partisipan. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan 82% responden berada pada tingkat Organizational Citizenship Behavior yang tinggi, dan sisanya yaitu sebesar 16% berada pada tingkat cenderung tinggi. Hal tersebut menunjukan bahwa mayoritas PNS TNI-AD di Pussenarhanud memiliki tingkat Organizational Citizenship Behavior yang tinggi. Hal tersebut berarti bahwa PNS TNI-AD di Pussenarahnud selalu menampilkan perilaku sukarela diluar job requirement yang mampu menguntungkan organisasi.

Download: .PDF