Abstrak
Reliabilitas dan Validitas Skala ZTPI pada Sample di Indonesia
Listiyawati Ratna Ningrum
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
reliabilitas, Skala ZTPI, validitas
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengukur reliabilitas dan validitas dari sebuah instrumen yang mengukur Time Perspective yang secara khusus diperuntukkan bagi siswa remaja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Jatinangor dengan (N = 164). Perempuan 105 (64%) laki-laki 59 (36%) di kelas XI yang terdiri dari 2 jurusan yaitu jurusan IPA (N = 107) IPS (N = 57). Usia subjek 14-18 tahun (M=16,26; SD; ,55). Skala Time Perspective yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi dari Zimbardo Time Perspective Inventory (ZTPI) yang dikembangkan pertama kali oleh Philip G. Zimbardo & John N. Boyd dengan menggunakan 56 item tentang Past Negative, Present Hedonistic, Future, Past Positive, Present Fatalistic, yang publish pada tahun 1999 di Stanford University. Sebagai pembanding dari skala ZTPI peneliti menggunakan skala orientasi masa depan (OMD). Dalam penelitian ini, digunakan beberapa analisis data yaitu reliabilitas dan validitas, analisis faktor eksploratory, uji t dan uji anova, serta uji korelasi. Pada aplikasinya peneliti menggunakan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien reliabilitas skala ZTPI masing-masing aspek bergerak dari nilai .503 sampai dengan .759. Time Perspective tersusun ke dalam 5 faktor yaitu faktor 1 yaitu Present Fatalistic/PN yang terdiri dari 11 item, faktor 2 yaitu Future/FU yang terdiri dari 11 item, faktor 3 yaitu Past Negative/PN yaitu terdiri dari 9 item, faktor 4 yaitu Present Hedonistic/PH terdiri dari 12 item dan faktor 5 Past Positive/PP yaitu 7 item. Tidak ada berbedaan pada aspek-aspek Time Perspective baik dari jenis kelamin (L/P), jurusan (IPA dan IPS), bimbingan belajar (mengikuti bimbingan/tidak) serta pendidikan ayah (SD, SMP, SMA, Diploma dan Sarjana). Future berkorelasi positif dengan motivation, planning dan evaluation (p < .05). Past Negative berkorelasi positif dengan evaluation (p < .05). Present fatalistic berkorelasi positif dengan motivation, planning dan evaluation (p < .05).