Abstrak RSS

Gambaran Trust Pada Pasangan Suami-Istri yang Menjalani Commuter Marriage Tipe Adjusting dengan Usia Pernikahan 0-5 Tahun.

Gambaran Trust Pada Pasangan Suami-Istri yang Menjalani Commuter Marriage Tipe Adjusting dengan Usia Pernikahan 0-5 Tahun.
Mutiara Amanah
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, ,

Commuter marriage adalah keadaan perkawinan yang terbentuk secara sukarela dimana pasangan mempertahankan dua tempat tinggal yang berbeda lokasi geografisnya dan pasangan tersebut terpisah paling tidak tiga malam per minggu selama minimal tiga bulan. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana gambaran trust pada pasangan commuter marriage tipe adjusting yang berada pada usia pernikahan 0-5 tahun dimana pasangan ini belum memiliki anak atau sudah memiliki anak tetapi masih berusia muda (batita atau balita). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik snowball sampling. Jumlah sampel sebanyak 35 pasangan suami-istri atau 70 responden yang sedang menjalani commuter marriage tipe adjusting. Alat ukur yang digunakan adalah Trust Scale dari Rampel, Homes, dan Zana (1985). Dari hasil penelitian, sebanyak 86% pasangan memiliki trust tinggi-tinggi. Meskipun pasangan ini pernah mengalami kejadian-kejadian yang menurunkan trust-nya terutama pada dimensi predictability dan dependability, tetapi mereka mampu menegosiasikannya dengan cara memperbaiki frekuensi dan kualitas komunikasi, saling instrospeksi diri, dan memahami satu sama lain. Tinggal terpisah dengan pasangannya tidak membatasi pasangan commuter marriage tipe adjusting ini untuk tetap merespon positif, peduli dan tanggap akan pasangannya.

Download: .PDF