Abstrak
Gambaran Kontribusi Pemenuhan Basic Psychological Needs Terhadap Motivasi Intrinsik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Dalam Menyelesaikan Skripsi
Nabila Vella Octaviany
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Kebutuhan dasar psikologis, motivasi intrinsik, skripsi
Self-Determination Theory mengungkapkan bahwa terdapat tiga kebutuhan dasar psikologis berupa kebutuhan autonomy, competence, dan relatedness, yang harus dipenuhi agar seseorang termotivasi secara intrinsik dalam melakukan aktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemenuhan tiga kebutuhan dasar psikologis tersebut berkontribusi terhadap motivasi intrinsik mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Kepada 78 mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad angkatan 2011 yang sedang mengambil matakuliah skripsi diberikan kuesioner untuk mengukur tingkat pemenuhan kebutuhan dasar psikologis dan tingkat motivasi intrinsiknya dalam menyelesaikan skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi intrinsik mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad dalam menyelesaikan skripsi dipengaruhi oleh faktor pemenuhan kebutuhan dasar psikologis sebesar 27,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Perasaan autonomy dan competence berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi intrinsik mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya, dimana perasaan competence memiliki kontribusi yang paling besar yaitu sebesar 43,9%. Sedangkan perasaan autonomy memiliki kontribusi sebesar 23,4%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perasaan relatedness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi intrinsik mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya. Hal ini mendukung penelitian-penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan autonomy dan competence merupakan dua hal penting bagi munculnya motivasi intrinsik. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa didalam konteks pengerjaan skripsi, perasaan competence dan perasaan autonomy perlu ditingkatkan pada diri mahasiswa sehingga mereka dapat lebih memiliki rasa ketertarikan, menikmati, dan memperoleh kepuasan dalam kegiatan penyelesaian skripsinya.