Abstrak
Hubungan Antara Psychological Separation Dengan College Adjustment Pada Mahasiwa Angkatan 2014 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Resti Nur Hilmawati, Erna Susiati
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
College Adjustment, Mahasiswa Baru, Psychological Separation
Penelitian ini diawali dengan adanya fenomena mahasiswa baru yang tinggal berjauhan dari orang tua selama masa perkuliahan memiliki dua tuntutan yaitu penyesuaian selama tinggal berjauhan dari orang tua (psychological separation) dan penyesuaian di lingkungan perguruan tinggi (college adjustment). Dari data awal ditemukan bahwa terdapat mahasiswa yang mampu untuk menyesuaikan diri di lingkungan perguruan tinggi tanpa bantuan orang tua, namun terdapat pula mahasiswa yang belum mampu. Arnett tahun 2004 mengatakan, ketika seseorang mampu menjalani psychological separation maka akan memunculkan kepuasan pada college adjustment. Dari fenomena di atas, maka peneliti ingin melihat apakah terdapat hubungan antara psychological separation dan college adjustment pada mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasi. Pengambilan data dilakukan dengan alat ukur Psychological Separation Inventory dan Students Adaptation to College Questionnaire Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji Rank Spearman dan dilakukan pada 68 mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Dari hasil yang diperoleh Sig sebesar 0.236, artinya bahwa tidak terdapat hubungan antara psychological separation dan college adjustment. Serta ditemukan dimensi conflictual independence dari variabel psychological separation memiliki korelasi sebesar 0.486 dengan total variabel college adjustment.