Abstrak
Hubungan Antara Entrepreneurial Self-efficacy Dan Entrepreneurial Intention Pada Mahasiswafakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Ika Restu Putri Saraswati
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
attitude toward behavior, Berwirausaha, entrepreneurial intention, entrepreneurial self-efficacy, implementing, mahasiswa, marshalling, Perceived Behavioral Control, planning, searching, subjective norms
Berwirausaha merupakan suatu kegiatan memulai usaha baru sebagai respon untuk mengidentifikasi peluang yang ada di kehidupan. Berdasarkan penelitian sebelumnya, entrepreneurial self-efficacy dan entrepreneurial intention merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi individu untuk menampilkan perilaku berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara entrepreneur self-efficacy dan entrepreneurial self-efficacy beserta gambarannya pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Subjek penelitian ini berjumlah sebesar 70 orang. Karakteristik subjek penelitiannya adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran angkatan 2011, 2012, dan 2013. Karakteristik lainnya adalah mahasiswa belum pernah berwirausaha. Penelitian ini menggunakan rancangan peneilitian non-eksperimental dengan metode korelasional untuk mengetahui gambaran derajat hubungan yang ada antara variabel entrepreneurial self-efficacy dan entrepreneurial intention. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan self-administered questionnaire yang berisikan beberapa pernyataan tentang entrepreneurial self-efficacy dan entrepreneurial intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara entrepreneurial self-efficacy dan entrepreneurial intention pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0.530 dan besar kontribusi (R2) sebesar 28.1%. Sebagian besar mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran memiliki entrepreneurial self-efficacy yang kuat dan entrepreneurial intention yang cukup kuat. Dimensi entrepreneurial self-efficacy terkuat pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran adalah entrepreneurial self-efficacy implementing people dan determinan entrepreneurial intention terkuat pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran adalah attitude toward behavior.