Abstrak
Studi Mengenai Keterampilan Artikulasi Pengucapan Kata Akan Memudahkan Kemampuan Menerima Dan Menulis Kalimat Dalam Bentuk Dikte Pada Siswa Kelas 3 SDN Ciawi Jatinangor
Ajeng Indri Hastuti
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
artikulasi, Artikulasi Pengucapan Kata, kalimat, Menulis dalam dikte, Siswa kelas 3
Dikte merupakan salah satu cara bagi guru untuk melatih siswa agar dapat menulis dengan cepat dan tepat. Pada saat dikte, anak menerima bunyi suara dari kata yang diucapkan oleh guru dan membayangkan bentuk dari kata tersebut untuk dapat dituliskan. Dalam melakukan dikte dibutuhkan kemampuan pemahaman yang kuat akan bentuk huruf dan cara membunyikannya. Bunyi dari huruf dihasilkan dari gerak otot alat ucap yang disebut dengan artikulasi pengucapan. Artikulasi pengucapan yang tepat dengan waktu yang sesuai dengan standar akan memudahkan siswa dalam membayangkan bentuk dari kata yang harus dituliskan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan nonexperimental research strategies dengan rancangan penelitian Within-Subjects Nonexperimental pre-post design. Penelitian ini dilakukan terhadap 2 orang siswa kelas 3 SDN Ciawi Jatinangor yang telah bersedia mengikuti rangkaian penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa artikulasi pengucapan kata tidak mempermudah kemampuan menerima dan menulis kalimat dalam bentuk dikte dikarenakan gerak artikulasi pengucapan kata yang salah, ditandai dengan waktu pengucapan yang tidak sesuai dengan standar.