Abstrak RSS

Studi Deskriptif Mengenai Work Engagement Pada Karyawan Outsourcing Divisi Kartu Kredit PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Studi Deskriptif Mengenai Work Engagement Pada Karyawan Outsourcing Divisi Kartu Kredit PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Nadhira Danessa M.
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, ,

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan perusahaan yang menggunakan jasa tenaga kerja outsourcing sebagai karyawan perusahaan. Divisi Kartu Kredit memiliki karyawan outsourcing terbanyak kedua di BRI. Walaupun dengan status sebagai karyawan outsourcing, karyawn menunjukkan sikap yang positif, merasa bangga, dan berusaha mengatasi masalah yang sulit dalam pekerjaan. Hal tersebut menunjukkan adanya kondisi psikologis yang disebut work engagement. Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana work engagement pada karyawan outsourcing divisi kartu kredit BRI. Subjek penelitian berjumlah 75 orang. Karakteristik subjek penelitian adalah karyawan outsourcing yang telah bekerja minimal 2 tahun (4 periode) di BRI. Penelitian menggunakan rancangan penelitian non-eksperimental dengan teknik sampling yaitu metode proportionate cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan menggunaka kuesioner berisikan beberapa pernyataan mengenai dimensi work engagement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan memiliki skor tingkat work engagement berada pada kategori cenderung tinggi yaitu sebesar 65% yang berarti bahwa karyawan sering menunjukkan perilaku engage pada pekerjaannya. Gambaran rata-rata dimensi yang memiliki skor tertinggi adalah dimensi dedication, kemudian dimensi vigor, dan terakhir dimensi absorption. Hal ini menyatakan bahwa karyawan outsourcing memiliki work engagement yang cukup kuat dan perilaku yang sering muncul ialah merasa bangga terhadap pekerjaannya.

Download: .PDF