Abstrak
Peranan Goal Orientation Terhadap Self-regulated Learning Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Miranda Rizka Z, Surya Cahyadi
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
belajar, Goal Orientation, mahasiswa, self-regulated learning
Keputusan pelajar untuk meregulasi fungsi-fungsi akademisnya secara strategis tergantung dari keyakinan atau beliefs mengenai efektivitas setiap strategi self-regulated learning dan keterampilan dirinya untuk menerapkan strategi-strategi tersebut (Zimmerman & Cleary, 2009). Penelitian ini memfokuskan untuk melihat peranan dari goal orientation sebagai salah satu motivational belief terhadap self-regulated learning mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah noneksperimental kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Penelitian ini dilakukan kepada 96 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling. Data diperoleh melalui dua buah kuesioner untuk melihat goal orientation dan self-regulated learning mahasiswa. Kuesioner goal orientation dikonstruksi oleh peneliti dengan mengacu pada teori Elliot & McGregor (2001) dan kuesioner self-regulated learning dikonstruksi mengacu pada teori Zimmerman (2002). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keempat goal orientation secara bersama-sama berperan meningkatkan self-regulated learning mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (R = 0.742; Adjusted R2 = 0.530; Sig. = 0.000). Selain itu, dengan taraf signifikansi sebesar 5% (á = 0.05), masing-masing tipe goal orientation yang terdiri dari mastery-approach orientation (â = 0.253 ; Sig. = 0.001); mastery-avoidance orientation (â = 0.249; Sig. = 0.002); performance-aprroach orientation (â = 0.352 ; Sig. = 0.000); dan performance-avoidance orientation (â = 0.218; Sig. = 0.018) secara signifikan mampu meningkatkan self-regulated learning mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.