Abstrak
Analisis Penggunaan “Cara Cepat” Dalam Bimbingan Belajar Dengan Teori Jerome Bruner
Ekawati Sinaga
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Bimbingan belajar, cara cepat, Sma, Teori Jerome Bruner
Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah jenjang pendidikan formal di Indonesia.Siswa yang telah lulus dari jenjang SMA diharapkan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, yaitu jenjang perguruan tinggi. Perguruan tinggi yang menjadi sasaran siswa beranekaragam.Perguruan Tinggi yang memiliki kualitas baik diiringi dengan seleksi yang sulit pula.Kesulitan seleksi memicu siswa untuk belajar lebih, salahsatunya adalah dengan mengikuti bimbingan belajar.Bimbingan belajar menyajikan cara pengajaran beragam seperti cara cepat dengan analisis pilihan jawaban, bukan pemahaman materi. Wawancara dengan tiga orang siswa menunjukkan bahwa penggunaan cara cepat di dalam bimbingan belajar membuat mereka lebih fokus terhadap pilihan-pilhan jawaban dan cenderung menghapal rumus. Menurut Jerome Bruner, metode yang baik dilakukan adalah dengan membiarkan siswa menemukan pola tersendiri, bukan mengajarkan cara cepat dalam mengajarkan anak.